Pande Besi

Desa Sumberkemuning memiliki salah satu potensi yang bernilai ekonomis tinggi yaitu pande besi. Pande besi ini telah dikirimkan ke seluruh wilayah Indonesia dengan sistem produksi berdasarkan pesanan. Pande besi yang diproduksi di Desa Sumberkemuning lebih mengutamakan fungsi kegunaan daripada fungsi estetika. Oleh karena itu, pande besi ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal membantu mempermudah kegiatan masyarakat.

Desa Sumberkemuning menjadi tempat pembuatan pande besi yang berpusat di Dusun Karang Tengah. Kegiatan yang berkaitan dengan proses produksi pande besi secara langsung dikerjakan oleh warga laki-laki dan untuk produksi sarung pande besi dikerjakan oleh warga perempuan. Pande besi yang dapat dihasilkan dalam sehari sekitar 5 buah.

Pande besi dari Sumberkemuning umumnya menerapkan sistem produksi tepat waktu sehingga hanya berproduksi ketika terdapat pesanan dan barang dikirimkan tepat waktu sesuai kapan permintaan konsumen membutuhkannya. Harga pande besi ini bervariasi tergantung dari jenis bahan besi yang digunakan. Harga pande besi dibandrol mulai dari Rp 130.000,00 hingga Rp 500.000,00 yang sudah dilengkapi dengan sarung pande besi yang terbuat dari kulit sapi. Pemasaran pande besi ini menggunakan media sosial seperti facebook. Merk yang digunakan oleh pande besi ini adalah “Kampung 31” atau biasa disingkat “KP 31”.

Lewat ke baris perkakas