Koi

Koi merupakan salah satu hasil perikanan yang terdapat di Desa Sumberkemuning. Ikan koi yang dimiliki Desa Sumberkemuning di ternak oleh bapak Yunus. Beliau membudidayakan ikan koi sejak tahun 1994 hingga sekarang. Awalnya budidaya ikan koi yang di lakukan oleh bapak Yunus hanya berada di kolam yang berupa bak. Seiring berjalannya waktu, tempat budidaya ikan koi milik bapak Yunus semakin bertambah hingga beliau mempunyai kolam permanen yang berada di lahan yang cukup luas. Terdapat beberapa kolam ikan koi diantaranya kolam pembenihan, pembesaran dan kolam perkawinan ikan koi.

Selama pembudidayaan ikan koi, bapak Yunus sering mengalami kendala yaitu perubahan cuaca yang menyebabkan ikan koi sering mati pada saat berada di kolam pembesaran. Ikan koi merupakan ikan yang mempunyai suhu pembesaran yang stabil. Jika suhu udara tidak stabil, memungkinkan ikan koi stress dan akhirnya mati.

Ikan koi yang di budidayakan oleh bapak Yunus terdapat 2 jenis yaitu ikan koi lokal dan ikan koi import. Ikan koi import berasal dari Jepang, ikan koi import ini memiliki ciri – ciri bentuk besar dan corak warna lebih banyak sedangkan ikan koi lokal sebaliknya. Pemasaran yang telah dilakukan oleh bapak Yunus dilakukan melalui media sosial atau yang biasa disebut online. Selain itu, bapak Yunus juga masuk dalam Asosiasi. Pasar yang telah dijangkau telah Nasional.

Lewat ke baris perkakas