Kartu Keluarga

KK atau kartu keluarga adalah kartu identitas keluarga yang memuat data lengkap tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga di sertai nama lengkap setiap anggota keluarga. Kartu keluarga umumnya di keluarkan oleh kantor Kecamatan bagi penduduk WNI (Warga Negara Indonesia). Adapun KK (Kartu keluarga) warga negara asing (WNI) di terbitkan oleh Dinas Kependudukan WNA. Setiap orang hanya boleh memiliki (tercatat) dalam satu kartu keluarga saja.

Bagi pasangan yang baru menikah di anjurkan segera mengurus kartu keluarga baru, adapun persyaratan untuk membuat “mengurus” kk atau kartu keluarga baru adalah sebagai berikut.

Syarat-syarat permintaan KK (Kartu Keluarga) Baru

  1. Surat pengantar pembuatan kk baru dari RT/RW setempat
  2. Surat pengantar dari kelurahan setempat
  3. Foto copy surat nikah atau akta nikah bagi penduduk yang menikah sebelum usia 17 tahun
  4. Foto copy ijazah terakhir
  5. Foto copy surat keterangan pindah yang dikeluarkan oleh instansi pelaksana daerah Asal, (Bagi penduduk yang pindah dari kabupaten/kota lain dalam wilayah negara kesatuan republik indonesia)
  6. Foto copy surat keterangan pindah dari luar negri yang dikeluarkan oleh KBRI atau Konsul “Bagi warga negara indonesia yang datang dari luar negri karena pindah;
  7. Izin tinggal tetap bagi warga negara asing (WNA).

Syarat-syarat penambahan anggota keluarga/anak pada KK (Kartu Keluarga)

  1. Surat pengantar pembuatan kk pergantian dari RT/RW setempat
  2. Surat pengantar dari kelurahan setempat
  3. Kartu keluarga lama “Asli”.
  4. Foto copy surat nikah atau akta nikah bagi penduduk yang telah menikah
  5. Foto copy akta kelahiran anak dan
  6. Surat keterangan pindah bagi yang pindah.

Cara Mengurus Kartu Keluarga Yang Hilang

Jika Kartu Keluarga hilang dan tidak bisa ditemukan, Berikut cara mengurus KK yang hilang dan persyaratan yang harus di lengkapi

  1. Membuat laporan kehilangan dari kepolisian.
  2. Ke Ketua RT untuk memperoleh surat pengantar.
  3. Bawa KTP dari salah satu orang yang terdatar di KK.
  4. Bawa fotocopy KK.
  5. Bawa formulir permohonan data dari kelurahan.
  6. Selanjutnya kepala keluarga sebaiknya datang langsung ke kelurahan atau kecamatan dan mengikuti prosedur-prosedur yang ditetapkan disana.

Demikian penjelasan mengenai syarat-syarat pengurusan kk (kartu keluarga) atau pun penambahan anggota keluarga (anak) dan persyaratan pengurusan kartu keluarga yang hilang (tidak ditemukan). Pertanyaan: Dimana tempat mengurus kartu keluarga atau kk? Jawab: Tempat pelayanan pengurusan kartu keluarga adalah kantor kecamatan untuk penduduk warga negara indonesia.

Lewat ke baris perkakas