Gerabah

Desa Sumberkemuning merupakan salah satu desa di Kecamatan Tamanan yang memiliki beberapa potensi yang dikembangkan oleh masyarakatnya. Salah satu potensi desa yang dikembangkan oleh masyarakat Desa Sumberkemuning adalah gerabah. Gerabah merupakan suatu kerajinan yang memanfaatkan bahan tanah liat untuk membuat benda-benda tertentu yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat.

Potensi Gerabah di Desa Sumberkemuning dikembangkan oleh beberapa perorangan. Salah satu pemilik gerabah yang cukup terkenal adalah Bu Jun, di tempat tersebut memproduksi berbagai jenis bentuk gerabah celengan. Selain Bu Jun, di tempat lain di daerah Desa Sumberkemuning masih banyak masyarakat yang memproduksi gerabah berupa cobek, tungku, guci, kendi dan lain sebagainya.

Gerabah di Desa Sumberkemuning masih dibuat dengan cara yang sangat tradisional yaitu dengan cara mencetak tanah liat menggunakan cetakan bentu-bentuk yang diinginkan, setelah dilakukan pencetakan kemudian dikeringkan, dibakar dan tahap yang terakhir adalah dilakukan pengecatan.

Pemasaran yang dilakukan oleh masyarakat yang memproduksi gerabah dilakukan di desa itu sendiri serta diluar Desa Sumberkemuning, bahkan sudah ada produk-produk yang dipasarkan ke luar Kabupaten Bondowoso. Gerabah yang diproduksi oleh penduduk Desa Sumberkemuning cenderung dipatok dengan harga yang cenderung cukup murah, sehingga untuk pemasaran ke daerah yang cukup jauh juga membutuhkan ongkos yang tinggi, bahkan kadang-kadang harga ongkos kirim melebihi harga dari gerabah itu sendiri. Sehingga pemasaran dari gerabah itu sendiri masih belum mencangkup jangkauan yang luas.

Potensi gerabah di Desa Sumberkemuning menjadi salah satu mata pencaharian yang dapat meningkatkan perekonomian di Desa Sumberkemuning, sehingga banyak masyarakat di Desa Sumberkemuning yang memproduksi gerabah untuk membantu perekonomian rumah tangga. Selain itu dengan adanya produksi gerabah di Desa Sumberkemuning dapat meningkatkan potensi masyarakat.

Lewat ke baris perkakas